Halloween party ideas 2015

Golgota dan Lourdes

Golgota dan Lourdes adalah dua nama tempat yang berbeda. Golgota disebut berkali-kali dalam Kitab Suci. Lourdes tidak disebut satu pun. Golgota ada di Yerusalem sedangkan Lourdes ada di Prancis. Memang keduanya berbeda. Golgota sudah eksis sejak zaman Yesus. Lourdes eksis baru-baru ini saja. Lourdes mulai terkenal pada abad 19 (tepatnya tahun 1858) sejak ada pengalaman spiritual dari Santa Bernadette, penampakan Bunda Maria.

Golgota dan Lourdes memang beda. Golgota adalah nama (bahasa) Aram dari Calvari atau Kalvari dalam bahasa Indonesia. Golgota adalah nama gunung tempat Yesus disalibkan. Kisah penyaliban inilah yang mengaitkan Golgota atau Calvari dengan Lourdes.

Kisah ini bisa dibaca dalam Injil dalam Kitab Suci. Injil Matius misalnya ada pada bab 27 ayat 33 dan seterusnya. Markus bab 15 ayat 22 dan seterusnya. Bagus kalau dibaca sampai akhir, ayat 66. Lebih bagus lagi jika dibaca bab sebelumnya biar ceritanya bersambung dan bisa dipahami.


Di gunung ini Yesus berseru di atas salib, Eloi, Eloi, lama sabakhtani yang berarti Allah-Allah mengapa Engkau meninggalkan aku ? Seruan ini ditujukan pada Bapa-Nya. Pada kisah yang menyedihkan ini hadir beberapa perempuan seperti  Maria Magdalena, dan Maria ibu Yakobus dan Yusuf, dan ibu anak-anak Zebedeus. Ada juga laki-laki tentu saja. Bole jadi salah satunya Yohanes. Ini hanya tebakan saja sebab saya belum menemukan sumber yang akurat. Yohanes kita tahu pernah dijuluki murid yang paling setia, selalu dekat dengan Yesus. Mereka inilah yangmengikuti Yesus sejak dari Galilea.

Di Lourdes, dekat pintu masuk ada Salib besar setinggi 12 meter. Di bawah kaki salib itu ada 4 patung masing-masing mewakili keempat orang yang setia mengikuti Yesus sampai ke gunung Golgota, Calvari. Saya tidak menemukan nama-nama keempat orang itu. Memang tidak ditulis nama. Tetapi saya lihat 3 orang wanita dan 1 laki-laki. Untuk pembaca yang sudah sering ke Lourdes, maafkan saya jika saya salah menulis. Seingat saya, 3 patung bergambar wanita dan 1 bergambar laki-laki.


Jika ini benar berarti patung wanita itu adalah ketiga wanita yang mengikuti Yesus hingga Golgota. Sedangkan satu patung laki-laki adalah patung Yohanes yang juga sampai ke Golgotha atau Golgota.

Masih ada patung Maria di dekat basilika Lourdes ini. Tetapi lain kali saya ceritakan dan tunjukkan gambarnya. Yang jelas dari Salib setinggi 12 meter ini pemandangan ke Basilika sangat bagus. Jangan heran jika banyak yang berfoto di pemandangan ini. Saya hanya mampu membuat beberapa jepretan seperti saya tampilkan di blog ini. (bersambung)

Parma, 1/9/2014
Gordi

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.