Halloween party ideas 2015

Tempat Pemandian Air Suci

para peziarah sedang antri untuk mandi
Satu lagi tempat penarik peziarah di Lourdes yakni tempat pemandian air suci. Ada tempat khusus untuk mandi yang terletak di sebelah Barat gua Maria. Mandi dengan air suci. Air yang dulu menjadi bahan perbincangan antara Bunda Maria dan Bernadette dalam penampakan itu. Air yang sumbernya dekat gua Maria itu sekarang dialirkan dengan teratur. Arsitek sudah membuatnya begitu bagus. Air itulah yang juga ditimba banyak peziarah melalui keran yang ada di dekat gua dan persis di dinding basilika Santo Rosario. 



Bukan hanya itu. Air itu juga yang digunakan untuk mandi bagi para peziarah. Tentu bukan mandi seperti di air sungai atau di kamar mandi. Saya dengar cerita teman-teman yang ikut mandi. Mandinya tidak pakai sabun. Hanya merebahkan atau berendam di dalam kolam yang tersedia.

Ada 6 kamar untuk laki-laki dan 11 untuk wanita. Masing-masing kamar ada bak mandi berukuran sekitar 2,5 meter x 1 meter. Di dalamnya di isi yang air setinggi 30-40 cm. Selain kolam, di dalam kamar ini juga ada patung Bunda Maria yang digantung di dinding tepat di atas bak mandi. Ada juga handuk besar dan kecil.

tempat mandi tampak dipenuhi peziarah
Jangan bayangkan mandi di kamar mandi. Memang ini lain. Ini hanya tempat pemandian spiritual. Katakanlah demikian. Lihat saja patung yang juga digantung di dalam kamar mandi. Dan, sebelum mandi ada acara pengantarnya yakni berdoa rosario. Mereka yang antri diwajibkan untuk berdoa. Mungkin bukan diwajibkan tetapi mau tak mau harus ikut berdoa. Sebab, antriannya terletak di sekitar kamar-kamar mandi itu. Daripada duduk melongo saja di bangku yang tersedia lebih baik ikut berdoa.

Menurut cerita beberapa teman relawan yang sering ke sini, air itu bermujarab. Ada beberapa orang yang mengalami semacam mukjizat kecil-kecilan setelah mandi. Yang tidak bisa berdiri jadi berdiri. Yang tidak bisa sembuh jadi sembuh. Tentu tidak semua orang mengalami ini. Itulah sebabnya banyak orang yang ingin mandi. Saya tidak mandi di air suci ini. Saya memang tidak tertarik. Saya tahu bisa saja saya disembuhkan tetapi saya juga berkeyakinan tidak mandi di air suci ini juga saya sembuh. Jadi, saya berdoa saja dan tidak harus mandi. Mungkin kalau datang lagi baru mandi.

Masih tentang air, beberapa teman relawan juga mengatakan air ini tidak mengandung penyakit. Meski beberapa orang mandi (merebahkan diri) dalam bak yang sama dalam sehari, tak satu pun yang tertular penyakit. Sudah diselidiki secara medis beberapa waktu lalu. Yang menyampaikan ini ke saya adalah seorang perawat. Kalau berpenyakit memang pasti ada beritanya dan pasti dilarang. Boleh jadi ini benar dan saya yakin ini benar. Sebab, belum ada berita bahwa air itu menularkan penyakit tertentu. Dan, kalau menularkan penyakit, mengapa banyak orang masih nekat untuk mandi ? Jadi, ini benar. Air suci ini tidak menularkan penyakit. (bersambung)

Parma, 1/9/2014
Gordi

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.