Halloween party ideas 2015


Sumber gambar sini 

Pengalaman perjalanan selalu mempunyai makna tersendiri. Saya pergi se suatu tempat baru. Saya dapat banyak pelajaran dan pengalaman dari situ. Saya pernah ke Solo dan bertemu orang-orang Solo yang bahasanya halus dan pelan. Dari sini ada pelajaran bagaimana berbicara dengan sopan dan halus. Saya pernah tinggal bersama para pemulung jalanan di Senen, mendengar perbincangan mereka dengan kata-kata yang asing bagi saya. Gila lu…bego lu…anjing lu…dan sebagainya. Saya belajar menghargai orang. Betapa kasar kata-kata ini jika saya gunakan.

Pergi ke tempat mana saja pasti ada hal baru yang didapatkan. Belajar budaya baru, bahasa baru, kebiasaan baru, dan sebagainya. Saya beralih dari satu tempat ke tempat lainnya berarti saya akan menemukan hal baru. Agak aneh kalau orang tidak bisa menemukan hal baru dalam hidup ini. Sekali pun saya tetap tinggal di kampung saya yang udik, saya tentu menikmati hal baru yang ada di sana. Saya tak yakin kalau orang mengatakan, tidak ada hal yang baru, dari dulu sampai sekarang itu-itu saja. Jangan-jangan orang ini tidak berubah cara pandangnya. Hari ini beda dengan hari kemarin. Dan inilah sebuah bentuk pembarauan.

Setelah beberapa kali menulis pengalaman perjalanan, saya semakin menemukan keasyikkan selama mengunjungi tempat-tempat baru. Perjalanan bukan melulu melihat apa yang indah di sana. Tetapi dengan melihat semua yang ada di sana, saya mencoba menemukan apa yang baru di sana. Bertemu orang di sana, berbincang dengannya, menjadi tahu, ada sesuatu yang baru di sana. Saya semakin yakin dengan pepatah orang Manggarai, don lako don ita, don ita don bae (Banyak berjalan menjadi banyak yang dilihat, banyak yang dilihat menjadi banyak yang diketahui). Akhirnya, selamat jalan. Jadikan perjalanan sebagai pengalaman meraih hal yang baru.

Salam,

CPR, 7/2/2012
Gordi Afri

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.