Halloween party ideas 2015

Sungai Gave di Lourdes

Sungai Gave mengalir di sekitar Gua Lourdes. Inilah sungai yang juga menjadi sumber air di kawasan Gua Maria Lourdes. Beberapa teman saya dari Italia mengatakan, dulu, sungai ini mengalir tepat di bawah kaki gua Maria. Lain dengan pemandangan sekarang. Setelahnya, arsitek merancang alirannya hingga terbentuklah yang sekarang ini.


Sekarang, sungai ini tidak mengalir si kaki gua. Sungai ini mengalir seperti mengitari kompleks tempat ziarah Lourdes ini. Mengalir di samping kawasan. Dari sisi Baratnya, melewati jalan masuk, lalu di samping gua. Jangan heran jika ada jembatan besar di dekat pintu masuk kompleks. Dari situ bisa dilihat indahnya pemandagan aliran sungai ini.

Di dekat basilika juga, ada dua jembatan penyeberangan. Di bawah jembatan inilah aliran sungai itu. Jembatan itu menghubungkan basilika dengan gereja St Bernadette, juga taman doa dengan gua Maria, taman doa dengan tempat pemandian. Dan sebagainya. Kalau di hitung ada tiga jembatan penyeberangan di kawasan ini. Selain yang ada di dekat pintu utama.

Dengan bahasan tentang sungai ini, saya tutup di sini rangkain tulisan saya selama berziarah di Lourdes-Prancis. Terima kasih untuk pembaca setia tulisan saya. Sampai jumpa di serial tulisan lainnya.(habis)

Parma, 20/10/2014
Gordi






Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.