Halloween party ideas 2015

Sekali Melangkah untuk Dua Tempat


Petualangan kedua ke Masing, kampung kakek dan nenek saya dari keluarga Mama. Kunjungan ini juga sekaligus ke Wetik, tempat asal Bapak saya. Sebab, kami melewati Wetik jika mau ke Masing.

Kali ini yang ikut adalah Bapak dan Om saya. Kami bertiga berdoa sejenak sembari menyalakan lilin di kuburan Kakek dan Nenek di Wetik. Bapak memimpin doa. Kami bertiga masing-masing menyalakan lilin. Dalam hati, saya juga memohon sesuatu pada kakek dan nenek agar perjalanan belajar saya lancar. Kata orang, berdoa pada dan untuk arwah nenek moyang juga perlu. Dan, memang saya mengakui ini. Iman Katolik juga mengakui ini. Tradisi Manggarai-Flores juga demikian. Jadilah saya menjalankan tradisi dan juga mempraktikkan iman saya pada Kristus.

Kami juga singgah sebentar di rumah Bapak kecil saya di Wetik. Di sini kami bercerita sambil minum kopi. Alunan cerita membuat kami terbuai dengan waktu. Kami sadar lalu kami pamit dan melanjutkan perjalanan ke Masing.

Di Masing, kami bertemu Om saya dan juga Mama kecil (adik dari Mama) saya. Di sini juga kami berdoa di kuburan Kakek dan Nenek. Sayang sekali mereka sudah pergi sebelum saya kembali untuk liburan. Kakek lebih dulu, dua tahun lalu, kemudian Nenek, setahun lalu. Padahal waktu saya pergi, mereka masih sehat. Apa boleh buat saya tidak bisa melihat mereka lagi. Tetapi hati saya masih terbuka untuk membawa mereka dalam doa. Itulah sebabnya, malam ini juga kami berdoa di kuburan mereka.

Ini kunjungan pertama ke Masing. Masih ada kunjungan kedua, menjelang keberangkatan saya. Kunjungan kedua ini lebih meriah dan lebih tinggi bobotnya. Pada saat ini kami juga berdoa di kuburan. Selain itu ada juga acara doa bersama, memberi makan pada arwah nenek moyang, dan juga makan bersama. Keluarga yang hadir cukup banyak. Keempat Om saya hadir, Mama kecil, Mama, adik bungsu saya, Bapak kecil saya dari Wetik, dan Bapak. Ramai. Dan rupanya kunjungan kali ini berhasil mengumpulkan kami dalam kesatuan keluarga besar mama. (bersambung)

CPR, 20 Agustus 2013

Gordi

SEBELUMNYA: Petualangan-Petualangan Seru di Flores 1

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.