Halloween party ideas 2015

Ravenna, Kota Seni di Italia

Ravenna adalah kota seni di Italia. Italia memang kaya dengan seni. Seni lukis misalnya. Hampir di semua kota, besar dan kecil, ada peninggalan benda seni. Seni lukis dan seni pahat misalnya. Ravenna adalah salah satu kota yang koleksi benda seninya terrena. Di Italia, Ravenna menjadi kota seni yang disegani.

Ravenna yang ini belum saya jamah. Ya, kali ini adalah kali keempat saya datang ke Ravenna. Namun, kota Ravenna sendiri belum saya jelajah. Hanya lewat sambil lalu. Belum berkunjung ke gereja katedralnya, atau berbagai museumnya, atau taman kotanya, dan sebagainya. Hanya lewat dan berlalu begitu saja.

Saya dan teman-teman memang datang ke sini tetapi hanya di pinggiran kotanya. Di Sa
n Pietro in Vincoli. San Pietro hanya salah satu bagian dari kota Ravenna. Seperti Blok M atau Tanah Abangnya kota Jakarta. Demikianlah perbandingannya.

Saya datang ke San Pietro ini sejak tahun lalu. Pertama, bulan September. Saat itu, kami membuat rapat awal tahun untuk membahas program hidup bersama sepanjang tahun ajaran 2013-14. Kali kedua, saat kami membuat retret tahunan (November 2013)—seperti yang sedang kami tahun ini. Ketiga, bulan Juni tahun lalu, saat kami membuat evaluasi akhir tahun. Keempa, kali ini. (bersambung)

Ravenna, 5 November 2014

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.