Halloween party ideas 2015

salah satu pemndangan di sekitar gereja katedral kota Milan
Ingin sekali melihat kota Milan. Kota ini masuk dalam kelompok kota bersejarah. Sejarah dunia dan sejarah gereja. Bukan hanya itu, Milan juga adalah kota tempat bernaungnya dua klub sepak bola terkenal yakni AC Milan dan Inter Milan.

Dari sepak bola ke dunia mode. Milan adalah kota mode terkenal di seluruh dunia. Saingannya adalah London dan Paris. Milan memang terkenal di seluruh dunia. Di Italia juga, Milan termasuk kota penting. Kalau Roma adalah ibu kota negara Italia, Milan adalah ibu kota Italia untuk bidang bisnis dan ekonomi. Jangan heran, jika orang Italia bilang, kami punya dua ibu kota. Ibu kota politik dan ibu kota ekonomi.

Saya tidak mengimpikan datang ke kota Milan. Maklum, tidak terlalu tertarik dengan klub Inter Milan dan AC Milan. Apalagi dunia mode juga jauh dari perhatianku. Saya tertarik dengan mode saat kuliah di Jakarta. Waktu itu, saya rajin baca koran KOMPAS hari Minggu. Di situ, ada beberapa halaman yang didedikasikan untuk mode. Saya teratrik membaca ulasan beberapa penulis di situ. Demikian juga di majalah mingguan TEMPO. Dari sinilah saya tahu sedikit tentang kota Milan ini.

Saya datang ke Italia tahun 2013 yang lalu. Saya hanya ingin melihat Roma. Dan memang, saya nginap satu minggu di Roma. Rupanya Milan juga adalah kota saingan dari Roma. Roma tentu saja terkenal dengan seni dan budayanya. Jumlah penduduk Roma juga lebih banyak dari Milan. Namun, Milan selalu ingin bersaing dengan Roma. Milan masuk kota modern terutama karena model kotanya. Banyak bangunan modern ketimbang bangunan berarsitek lama.

Setelah setahun di Italia , niat untuk melihat Milan belum muncul juga. Toh saya bisa melihat dan mengunjunginya kapan saja saya mau. Saya sudah di Italia dan hanya butuh paling lama 2 jam dari kota Parma ke Milan. Meski tidak berniat, saya toh rupanya ingin ke Milan juga. Beberapa teman di Indonesia selalu bertanya, sudah ke Milan belum? Sudah ke stadion Milan belum? Sudah kunjung ke kota mode belum? Rasanya pertanyaan ini mendorong saya untuk melihat kota ini. Beberapa teman Italia juga bilang, belum cukup jika datang ke Italia namun belum berkunjung ke kota Milan. Tentu saja bukan hanya Milan, masih ada Venezia, Napoli, dan sebagainya. Untuk itu, saya juga ingin ke Milan. Tunggu saja kesempatan yang pas. (bersambung)

Parma, 14/5/15
Gordi

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.