Halloween party ideas 2015


berjalan sambil bergembira dan bernyanyi
Banyak pengalaman perjalanan yang menarik yang bisa dibagikan. Entah itu perjalanan keluar kota, dalam kota, atau juga keluar pulau sekalipun. Hanya saja tentu tidak semuanya bisa diabadikan dalam tulisan. Keterbatasan waktu untuk menulis juga menjadi kendala. Meski demikian, saya mencoba membagikan apa yang memang pantas dan perlu dibagikan bagi pembaca sekalian.

Saya mengingat kembali perjalanan saya selama ini. Banyak pengalaman perjalanan yang belum ditulis. Selama ini saya hanya menulis pengalaman yang baru saja terjadi. Dalam tahun ini misalnya, saya menulis pengalaman perjalanan selama tahun ini. Itu pun tidak semuanya. Beberapa pengalaman masih menggantung dalam ingatan. Ini terjadi karena kesibukan saya. Saya menulis di waktu senggang dan di sela-sela mengerjakan tugas dari kampus. Menulis pengalaman memang mudah sekali karena tinggal menuangkan apa yang diingat saja. Namun pekerjaan mudah ini menjadi sulit ketika itu berbenturan dengan kesempatan untuk menulis. Ada pekerjaan yang mesti didahulukan ketimbang menulis pengalaman perjalanan.

Rencana ke depannya, saya menulis pengalaman itu. Bagaimana pun pengalaman mempunyai pelajaran berharga. Ada hal yang memang pantas dikenang dan dibagikan dari pengalaman perjalanan. Melalui perjalanan orang menemukan hal baru, nilai baru, budaya baru. Beberapa pengalaman dalam tahun ini akan saya gali kembali lalu dituliskan. Selain itu, saya juga mencoba menulis beberapa pengalaman menarik selama beberapa tahun belakangan mulai dari pengalaman perjalanan semenjak tamat SMA.

Dengan demikian, perjalanan menjadi pengalaman berharga bagi saya dan pembaca sekalian. Mudah-mudahan pembaca tidak bosan menelusuri pengalaman perjalanan yang saya tulis. Bahkan kalau mungkin, pembaca juga bisa melihat dan mengingat kembali pengalaman perjalanan selama ini sehingga kalau ada waktu bisa dibagikan juga kepada pembaca lain.

Meski menulis pengalaman bukanlah kewajiban yang harus dilakukan, saya mencoba untuk menulis pengalaman perjalanan. Saya bukan wartawan atau penulis di penerbit yang harus menulis sesuai target. Tetapi, saya mencoba untuk menulis jika memang ada waktu senggang. Saya akan menulis untuk mengisi waktu luang. Dengan demikian tulisan saya bukanlah pekerjaan paksaan tetapi pekerjaan yang lahir dari keinginan untuk menulis. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

CPR, 14/6/2012
Gordi Afri

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.