Halloween party ideas 2015

Kembali ke Padang, Tidur di Atas Papan

foto di pelabuhan Siberut
Sudah seminggu di Mentawai tepatnya di Siberut. Saatnya untuk kembali. Perjalanan masih panjang. Paling tidak ada 3 pulau lagi untuk sampai ke Yogyakarta, Pulau Jawa.

Malam Selasa, 14 Mei 2013, saya kembali ke Padang. Bersama saya, ada 2 pastor yang mau ke padang. Ada 3 pastor lain yang juga ke padang. Jadi, kami 6 orang ke Padang.

Kami naik kapal Sumber Rejeki Baru. Kapal yang mengantar saya dan teman saya ke Padang. Malam ini pasti suasananya lain. Sebab, kami 6 orang. Tetapi kapalnya tetap. Tempat tidur juga sama. Hanya dalam kamar berbeda.

Memang benar, suasananya lain. Perbedaan ini membuat saya lupa untuk sementara situasi Mentawai. Malam ini, kami dapat kamar. Dalamnya ada 3 tempat tidur, atas bawah, untuk 6 orang. Harusnya ada 6 kasur tapi yang ada hanya 4. Jadi, kurang 2. Di sinilah persoalannya. Dua orang tidak dapat. Salah satunya saya. tapi saya tetap bisa tidur. Tidur terpaksa. Karena kantuk berat. Tidur di atas papan tempat tidur. Rasanya sakit di punggung tapi kantuknya besar jadi tertidur juga.

Tak terasa sudah dekat Padang. Dari malam, jam 8, hingga jam 6 pagi. Kapal berangkat jam 8 dari Siberut. Sebelumnya, kami sudah ada di pelabuhan 30 menit sebelumnya. Diantar dengan mobil mitsubishi putih yang dikemudikan Bang Kornel. Perjalanan ini betul-betul asyik meski menderita hehe.

Asyiknya karena berjumpa seseorang di pelabuhan. Kami berjabatan tangan. Tetapi sesungguhnya saya tidak kenal orangnya. Padahal dia kenal saya. kami diperkenalkan tapi saya tidak yakin. Saya memang tidak mudah untuk langsung percaya. Tapi tidak apa-apa. Mungkin dia malu. Saya juga tidak tahu persis siapa dia.

Kami naik taksi dai pelabuhan Teluk Bayur ke rumah kami di dekat kantor Gubernur Sumatera Barat. Tidak lama. 30 menit saja. Saya mandi dulu sebelum kami sarapan dengan para sahabat yang sudah dlu mulai sarapan.

Setelahnya saya istirahat sebentar. Saya gunakan untuk mengantar titipan dari Siberut ke seorang kenalan di Padang. Jalan kaki selama 20 menit. Lumayan bisa lihat-lihat kantor gubernur, kepolisian, dan kantor tentara. Bisa tahu situasi jalanan yang ramai di depan kantor gubernur itu. (bersambung)